Profil Ketua Program Studi Dokor Matematika dan Aplikasi Sains

Ketua Program Studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS), Prof. Dr.rer.nat.Rinaldi Idroes, S.Si lahir di Sigli 25 Agustus 1968. Pada tahun 1992 beliaumemperoleh gelar sarjana pada Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) –Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, jurusan Kimia. Selanjutnya tahun1996 beliau melanjutkan studi Magister dan Doktor pada Wuerzburg UniversityJerman mendalami bidang farmasi analitik sehingga pada tahun 2002 beliau memperoleh gelar magister dan doktor pada universitas tersebut.

Perjalanan karir Prof. Dr.rer.nat. Rinaldi Idroes, S.Si, dimulai pada tahun 1992 sebagai dosen pada jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala. Selanjutnya pada tahun 2010-2014 beliau dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Jurusan Kimia FMIPA Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 2012 hingga saat ini, beliau menjabat sebagai Anggota Komisi C (Perencanaan dan Pengembangan) Senat dan Anggota senat Universitas Syiah Kuala dalam Kedudukannya sebagai Guru Besar. Pada tahun 2013 sampai sekarang beliau menjabat sebagai Ketua Pusat Studi Obat Herbal Universitas Syiah Kuala dan Kepala Laboratorium Analisa Farmasi Jurusan Farmasi FMIPA dan sekarang beliau menjabat sebagai Ketua Program Studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS) Unversitas Syiah Kuala periode (2015-2019).

Prof. Dr.rer.nat. Rinaldi Idroes, S.Si juga aktif dibidang penelitian Kromatografi. Beberapa pengalaman penelitian yang pernah beliau lakukan yaitu :Joint Research Herbal Medicine Research Centre Unsyiah – Saarland University – Aplied University Kaiserslautern DAAD, 2014 , Riset Hibah Kompetensi (HIKOM), Studi Alkil Paraben dan Alkil Alkohol untuk Penentuan Indeks Retensi Kovats dan Waktu Mati pada Sistem GC dan RP-HPLC, SIMLITABMAS-DIKTI , multi tahun 2014-2016, Riset Unggulan Strategis Nasional (RUSNAS), Pemanfaatan Deret Homolog untuk Penentuan Indeks Retensi Kovats pada Steroid dan Waktu Mati Kromatografi pada Pengembangan Metode HPLC Fase-Terbalik , DP2M-DIKTI, 2010, Riset FUNDAMENTAL, Studi Pengaruh Konfigurasi Kolom terhadap Nilai Waktu Mati (t 0) dan Indeks Retensi Kovats pada Gas Kromatografi , DP2M-DIKTI, 2011 . Daftar penelitian dan publikasi beliau selengkapnya dapat dilihat di: http://fsd.unsyiah.ac.id/rinaldi.idroes/.


Selain berprofesi sebagai dosen dan peneliti, Prof. Dr.rer.nat. Rinaldi Idroes, S.Si dipercaya sebagai reviewer diberbagai jurnal nasional, nasional terakreditasi dan internasional. Saat ini beliau juga dipercaya sebagai reviewer internal di Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala, Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), DIKTI, dan beberapa institusi lainnya.

Prof. Dr.rer.nat. Rinaldi Idroes, S.Si juga aktif mengikuti berbagai kursus terutama dibidang Geothermal Training for the Trainer, Chemical Safety and Security Officer Training, Kesehatan Masyarakat, Public-Private Partnersip, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Procurement Specialist), Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI), Measurement Uncertainty in Chemical Analysis-Basic Concept and Implementation Strategies, dan AMDAL baik sebagai peserta maupun sebagai pemateri.


Pada program pengabdian masyarakat beliau berkontribusi dalam perumusan kebijakan publik/rekayasa sosial antara lain: Kemitraan Publik dengan Swasta dalam Pengembangan Pembangkit Listrik Panas Bumi Seulawah Agam (Transaction Advisor for Seulawah Agam Power Project), Assessment Team of Aceh Hospital and Community Health Center Project, Advokasi dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sustainable Economic Development through Consolidation of TVET Management in Aceh and Nias, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan lain-lainnya.


Profil Sekretaris Program Studi Dokor Matematika dan Aplikasi Sains

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. dilahirkan di Samadua, Aceh Selatan, pada tanggal 27 Agustus 1970. Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. menempuh studi S1 pada tahun 1989 dan mendapat beasiswa supersemar. Prestasi akademiknya cenderung meningkat sehingga beasiswanya dialihkan sebagai penerima Tunjangan Ikatan Dinas (TID dan dipekerjakan sebagai Asisten Dosen di Laboratorium Mikrobiologi pada tahun 1993 sampai menamatkan studi Sarjana Kedokteran Hewan pada tahun 1994. Satu tahun kemudian beliau meraih gelar Dokter Hewan (drh) pada Fakultas Kedokteran Hewwan Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 2001, beliau menempuh gelar Magister (M.Si) ada studi S2 dengan beasiswa BPPS sehingga meraih gelar Magister (M.Si) pada tahun 2003. Setahun kemudian beliau melanjutkan studi S3 dengan beasiswa BPPS, BBNAD, dan Yayasan Damandiri sehingga meraih gelar Doktor (Dr.) pada tahun 2007 dalam bidang ilmu Sains Veteriner pada Institut Pertanian Bogor.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. diangkat mejadi PNS melalui jalur TID pada tahun 1997 dan memulai perjalanan karir sebagai Dosen Tetap pada FKH Unsyiah. Jabatan Pembantu Dekan Bidang Kerjasama dipercayakan kepada Beliau dari tahun 2008 hingga 2012. Keahliannya sebagai Konsultan Ahli Veterner juga dimanfaatkan oleh peternak melalui PT. Mitra Tani Balerang yang beroperasi di Batam sejak Tahun 2014 hingga sekararang. Saat ini, dia aktif berperan sebagai Sekretaris Prodi Doktor MAtematika dan Aplikasi Sains.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. banyak terlibat pada berbagai program yang digulirkan oleh DIKTI. Pada tahun 2009 hingga 2010, dia terpilih sebagai Reviewer DIKTI Program Hibah Kompetensi Institusi (PHKI). Pada tahun 2012 hingga 2013 beliau ditetapkan sebagai Reviewer Proposal Penelitian Program Desentralisasi pada Lemlit Unsyiah. Pada tahun 2013 beliau terpilih sebagai reviewer Proposal Penelitian Health Professional Education Quality (HPEQ) Fakultas Kedokteran Unsyiah. Pada tahun 2012 hingga sekarang beliau berperan sebagai Auditor Internal Unsyiah. Pada tahun 2013 hingga sekarang beliau menjadi Editor in Chief pada prosiding Annual International Conferrence (AIC Unsyiah). Pada tahun 2013 hingga sekarang dia juga berperan sebagai mitra Bebestari pada Jurnal Kedokteran Hewan Unsyiah, Jurnal Acta Veterinaria IPB Bogor, dan Jurnal Veteriner Udayana Bali.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. termasuk dosen yang kreatif menghasilakn proposal penelitian kompetitif. Total dana penelitian yang berhasil dimenagkan beliau mencapai Rp 2 Milyar. Sejak masih berstatus mahasiswa Program Doktor, ia memenangkan dana penelitian multi years dari kementrian Negara Riset dan teknologi melalui program Riset Unggulan Terpadu pada tahun 2005-2007, Riset Insentif pada tahun 2007-2009, dan Riset Insentif pada tahun 2009-2010. Beliau juga memenangkan dana penelitian yang diluncurkan oleh Kementrian Pendidikan Nasioanl, antara lain: Hibah Bersaing Multi Years 2005-2007, Hibah Bersaing 2009, Penelitian Strategis Nasional 2009, Penelitian Unggulan Strategis Nasional 2009. Selain itu, beliau juga bekerjasama dengan Recognition and Mentoring Program (RAMP) IPB sebagai penyandang dana program Pengabdian Technopreneurship pada tahun 2012.

Publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. dalam kurun waktu 5 tahun terakhir mencapai 20 judul artikel. Ada 10 judul artikel yang dimuat pada jurnal dengan perincian 3 judul artikel sebagai penulis anggota, dan 7 judul artikel sebagai penulis pertama (2 diantaranya diindeks oleh Directory of Open Acces Journal (DOAJ), CAB Abstracts (CABI), Crossref, dan EBSCO Publishing). Ada 10 jurnal artikel yang dimuat dalam prosiding seminar Nasional dan Internasional dengan perincian 5 artikel sebagai penulis pertama dan 5 artikel sebaegai penulis anggota. Semua artikel on line pada http://www.fsd.unsyiah.ac.id/darmawi/

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. juga aktif dalam mengorganisir pertemuan ilmiah pada level internasional. Pada ahun 2013 beliau dipercaya sebagai Editor in Chief untuk menghasilkan prosiding dalam bidang life sciences pada the 3rd Annual International Conference (AIC). Dua tahun berikutnya, beliau sukses sebagai Chair Person untuk menyelenggarakan 5rd Annual International Conference Syiah Kuala University in Conjunction with The Chemical Engineering Science & Application (ChESA) yang menghasilkan 4 buah proseding dalam bidang Life Science , ChESA, Science and Engineering, and Social Science.

Ada beberapa Training dan workshop yang pernah diikuti oleh Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. baik didalam mauun di luar negeri, diantaranya adalah: (1) Training Wildlife Animals in Faculty of Vetsuisse f Zurich University, Swizerland tahun 2009. (2) Training Penelaahan Proposal PHKI di Yogyakarta tahun 2009. (3) ToT Reviewer Proposal Penelitian di Bandung tahun 2012. (4) Training Auditor Internal Mutu Akademik di Banda Aceh tahun 2012. (5) ToT Reviewer Penelaah Artikel Ilmiah di Bandung tahun 2013. Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. juga berperan sebagai penatar penulisan proposal berdaya saing tinggi pada Lemlit Unsyiah dan Perguruan Tinggi lainnya di Aceh.

Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. meraih beberapa penghargaan, diantaranya: (1) Presenter Terbaik Pada Seminar Nasional dari Rektor Universitas Mataram tahun 2009. (2) Peneliti Terbaik I Universitas Syiah Kuala dari Rektor Universitas Syiah Kuala tahun 2009. (3) Dosen Berprestasi Terbaik II Universitas Syiah Kuala dari Rektor Unsyiah pada Tahun 2011. (4) The First Winner in Scientific Paper Award dari Med. Pet. Journal of Animal Science and Technology pada tahun 2012. (5) Satyalancana Karya Satya X Tahun dari Presiden Republik Indonesia pda tahun 2012.

Bagikan halaman ini