Survey Endapan Stunami Purba (Paleotsunami) dan Endapan Aliran Sungai Purba (Paleochannel)

Program studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS) merupakan jenjang pendidikan strata tiga (S3) yang dikelola langsung oleh program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Kurikulum program studi DMAS berbasis pada kemampuan mahasiswa untuk melakukan riset sehingga mampu menghasilkan publikasi di jurnal-jurnal Internasional yang bereputasi dan menulis disertasi.

Riset yang dikembangkan dapat sesuai dengan bidang minat setiap mahasiswa sehinga ide dan gagasan mahasiswa dapat berkembang dan terbiasa dalam melakukan riset. kemampuan melakukan riset ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam mengambil sampel yang berasal dari alam. Salah satu riset yang sedang diteliti oleh mahasiswa DMAS adalah analisis endapan tsunami purba (Paleotsunami) dan endapan aliran sungai purba (Paleochannel) dengan tim Earth Observation of Singapore (EOS) disekitar Banda Aceh dan Aceh Besar. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2015.

Pada penelitian ini, mahasiswa memperkirakan letak sungai dan tsunami yang terbentuk ratusan tahun yang lalu melalui identifikasi unsur dan senyawa yang terkandung dalam setiap lapisan tanah. Beberapa kawasan yang dijadikan tempat pengambilan sampel yaitu satu kawasan yang berada di Banda Aceh terletak kampung lampulo, dan dua kawasan di Aceh Besar terletak di kampung Lambitra dan kecamatan Krueng Barona Jaya. Melalui penelitian ini diharapkan dapat diamati perubahan letak sungai yang ada di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar. Beberapa dokumentasi saat pengambilan sampel disajikan pada gambar berikut.a

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya