Riset Ekologi dan Biodivertasi Rayap (Isoptera) di Kawasan Geotermal Seulawah Agam, Aceh Besar

Program studi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS) merupakan jenjang pendidikan strata tiga (S3) yang dikelola langsung oleh program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Kurikulum program studi DMAS berbasis pada kemampuan mahasiswa untuk melakukan riset sehingga mampu menghasilkan publikasi di jurnal-jurnal Internasional yang bereputasi dan menulis disertasi.

Provisi Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki area hutan yang luas. Keanekaragaman hewan dan tumbuhan yang terkandung di hutan Aceh tentu sangat menarik untuk diteliti. Ditambah lagi sebagian besar kawasan hutan tersebut belum pernah dijadikan objek penelitian sehingga topik penelitian yang dihasilkan dari kawasan hutan Aceh tentunya akan memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat Internasional dan masyarakat Indonesia secara khususnya.

Adanya Program kurikulum DMAS yang berbasis riset sangat mendukung bagi hutan Aceh untuk dapat diteliti lebih lanjut. Salah satu mahasiswa Program Studi DMAS melakukan riset di hutan sekunder sekitar kawasan geotermal Seulawah Agam, Aceh Besar. Topik yang diteliti yaitu Ekologi dan Biodivertasi Rayap (Isoptera) di Kawasan Geotermal Seulawah Agam, Aceh Besar. Adanya riset tersebut diharapkan akan menyediakan data yang valid tentang berbagai jenis rayap yang hidup di kawasan hutan sekunder tersebut. Beberapa dokumentasi penelitian saat berada di lapangan.

Galeri

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya